Silabus A_M-1 & 5
Tema: Diri Sendiri
Sub Tema : Aku Anak Muslim (Minggu
Pertama / M-I)
Kelompok : A
NO
|
HARI
|
PEMBIASAAN
|
AGAMA ISLAM
|
SOSIAL EMOSIONAL
|
BAHASA
|
KOGNITIF
|
SENI
|
FISIK MOTORIK
|
1.
|
Senin
|
Terbiasa
membaca do’a sebelum kegiatan (1.1.1)
|
Menyebutkan
6 aspek rukun iman (1.1)
|
Terbiasa
membaca do’a sesudah kegiatan (1.1.2)
|
Mendengarkan
orang tua / teman berbicara (1.1)
|
Memasang
benda sesuai pasangannya menurut fungsi (1.1)
|
Meniru
dan membuat garis tegak, datar, miring, kiri/kanan(1.29)
|
Menirukan
gerakan binatang peliharaan, binatang yang dapat terbang (1.1.1)
|
2.
|
Selasa
|
Berlatih
khusyu’ dalam berdo’a (1.1.3)
|
Menyebutkan
5 aspek rukun Islam (1.2)
|
Adab
mendengar adzan dan iqamah (1.1.3)
|
Memusatkan
perhatian dalam jangka waktu tertentu (1.2)
|
Menyebutkan
dan menceritakan perbedaan dua buah benda (1.2)
|
Membuat
segi empat (1.30)
|
Menirukan
gerakan pohon sepoi-sepoi, pohon tertiup angin kencang (1.2)
|
3.
|
Rabu
|
Terbiasa
menjawab adzan (1.1.5)
|
Menyebutkan
beberapa ciptaan Allah (1.3)
|
Bersyukur
atas kelebihan dan prestasi yang dicapai (1.1.6)
|
Menebalkan
huruf (4.39)
|
Bermain
simbolik dengan benda-benda sekitar (2.3)
|
Menjiplak
bentuk geometri (2.31)
|
Menirukan
gerakan pesawat terbang (mau terbang, gerakan diudara dan gerakan mendarat (1.3.3)
|
4.
|
Kamis
|
Berbicara
yang baik dan sopan dengan sesama teman (2.1.7)
|
Menyebutkan
Asmaul Husna (2.4)
|
Berbicara
yang baik dan sopan dengan orang dewasa (2.1.8)
|
Menjiplak
huruf (4.38)
|
Mengungkapkan
sebab akibat, misal: mengapa sakit gigi?, mengapa lapar? dll (3.4)
|
Menjiplak
bentuk benda-benda sekitar (2.33)
|
Memanjat
bergantung dan berayun (2.4)
|
5.
|
Sabtu
|
Mudah
meminta maaf dan mau memaafkan (2.9)
|
Menyebutkan
beberapa nama malaikat dan tugasnya (3.5)
|
Berpakaian
yang rapi di rumah (2.2.10)
|
Melakukan
2 perintah secara bersama (2.5)
|
Mengungkapkan
asal mula terjadinya sesuatu (3.5)
|
Meniru
melipat kertas sederhana 1-6 (3.34)
|
Bergelayut
(2.5)
|
6.
|
Ahad
|
Berpakaian
yang rapi disekolah (2.2.11)
|
Menyebutkan
beberapa nama Nabi dan Rasul Allah (4.6)
|
Tidak
mengganggu teman (2.3.13)
|
Mendengar
cerita sederhana (3.6)
|
Menyatakan
dan membedakan waktu (pagi,siang,malam) (4.6)
|
Menjahit
jelujur 10 lubang dengan tali (3.35)
|
Melompat
dengan dua kaki atau satu kaki dengan seimbang (3.1.6)
|
Tema: Diri Sendiri
Sub Tema : Aku Anak Muslim (Minggu
Kedua / M-II)
Kelompok : A
NO
|
HARI
|
PEMBIASAAN
|
AGAMA ISLAM
|
SOSIAL EMOSIONAL
|
BAHASA
|
KOGNITIF
|
SENI
|
FISIK MOTORIK
|
1.
|
Senin
|
Berpakaian
yang rapi disesuaikan dengan keperluan (2.2.12)
|
Menceritakan
kisah nabi-nabi, keluarga, sahabat, dan meneladaninya (4.7)
|
Mudah
bergaul / berteman (2.3.14)
|
Mendengar
cerita sederhana (3.6)
|
Mengetahui
nama-nama hari dalam satu minggu, bulan, tahun (4.7.)
|
Meronce
dengan manik-manik (3.36)
|
Melompat
dengan tali (3.7)
|
2.
|
Selasa
|
Selalu
bersikap ramah (2.3.15)
|
Menyebutkan
Al qur’an sebagai kitab suci umat Islam (5.8)
|
Senang
br\ersikap jujur (2.3.16)
|
Menceritakan
kembali isi cerita secara sederhana (3.7)
|
Mengenal
terjadinya hujan (4.8)
|
Menganyam
dengan kertas (3.37)
|
Meloncat
dari ketinggian 20-30 cm
|
3.
|
Rabu
|
Berlatih
hormat kepada orang tua, guru, teman atau orang dewasa lainnya (3.1.17)
|
Menyebutkan
huruf-huruf hijaiyah (5.9)
|
Mau
mengalah (3.1.17)
|
Menyebutkan
tokoh-tokoh yang ada dalam cerita (3.8)
|
Mengenal
terjadinya banjir (4.9)
|
Mencocok
dengan pola buatan guru (3.38)
|
Meloncat
dengan rintangan (3.2.9)
|
4.
|
Kamis
|
Terbiasa
mengucapkan salam (3.1.19)
|
Membaca
rangkaian huruf hijaiyah (5.10)
|
Memiliki
rasa dermawan (3.2.24)
|
Meniru
huruf (4.40)
|
Mencoba
menceritakan apa yang terjadi jika : warna dicampur, proses pertumbuhan
tanaman, balon ditiup, terapung, melayang, percobaan dg magnit dan kaca
pembesar (5.10)
|
Menggunting
bebas (3.39)
|
Berlari
di tempat (3.3.10)
|
5.
|
Sabtu
|
Terbiasa
menjawab salam (3.1.20)
|
Iqro’ /
Qiro’ati (5.11)
|
Terbiasa
mengucapkan terima kasih (3.1.22)
|
Menyebutkan
sifat-sifat tokoh yang ada pada cerita yang didengarnya (4.10)
|
Memasangkan
benda sesuai pasangannya menurut fungsi (1.11)
|
Merobek
kertas (3.40)
|
Berlari
cepat (3.3.11)
|
6.
|
Ahad
|
Meminta
tolong dengan baik (3.1.22)
|
Menghafalkan
beberapa surat pendek dalam Al-Qur’an (5.12)
|
Memiliki
toleransi terhadap sesama (
3.2.23)
|
Menjiplak
huruf (4.38)
|
Menunjuk
sebanyak-banyaknya benda, hewan dan tanaman menurut ciri tertentu (1.1.12)
|
Membuat
berbagai bentuk dengan menggunakan playdough/tanah liat
|
Berlari
sambil melompat (3.4.12)
|
Tema : Diri Sendiri
Sub Tema : Aku Anak Muslim (Minggu
Ketiga / M-III)
Kelompok : A
NO
|
HARI
|
PEMBIASAAN
|
AGAMA ISLAM
|
SOSIAL EMOSIONAL
|
BAHASA
|
KOGNITIF
|
SENI
|
FISIK MOTORIK
|
1.
|
Senin
|
Suka
tolong menolong (3.3.25)
|
Menyebutkan
arti puasa (9.20)
|
Dapat
bekerja sama (3.3.26)
|
Mengulang
kembali kalimat sederhana (1.12)
|
Menunjuk
sebanyak-banyaknya benda, hewan, dan tanaman menurut jenisnya (1.3.13)
|
Membuat
berbagai bentuk dengan menggunakan lego (4.42)
|
Berlari
sambil meloncat (3.4.13)
|
2.
|
Selasa
|
Senang
menyayangi binatang (4.1.27)
|
Mengucapkan
syahadat tauhid dan syahadat Rasul serta artinya (6.14)
|
Senang
merawat tanaman (4.1.28)
|
Menjawab
pertanyaan tentang informasi / kejadian secara sederhana (2.13)
|
Menunjuk
benda kedalam kelompok yang sama (2.1.14)
|
Menyusun
menara dari kubus minimal 8 kubus (5.1.43)
|
Melompat,
meloncat, dan berlari dengan rintangan (3.4.14)
|
3.
|
Rabu
|
Memelihara
lingkungan (4.1.29)
|
Berlatih
puasa semampunya (9.21)
|
Terbiasa
mengikuti tata tertib dan aturan sekolah (5.1.30)
|
Dapat
menjawab pertanyaan apa, siapa, mengapa, dimana, dsb (2.14)
|
Mengelompokkan
benda yang sama (2.1.15)
|
Menciptakan
2 bentuk bangunan dari balok (5.1.44)
|
Menangkap
kantong biji, bola, dll (4.15)
|
4.
|
Kamis
|
Mau
menerima tugas dengan ikhlas (5.1.31)
|
Melakukan
tahapan-tahapan dalam gerakan shalat (7.16)
|
Tepat
waktu saat berangkat dan pulang sekolah (5.1.32)
|
Menceritakan
pengalaman/kejadian secara sederhana (3.15)
|
Menunjuk
benda yang sejenis (2.2.16)
|
Menciptakan
2 bentuk dari kepingan geometri (5.1.45)
|
Melambung
dan menangkap kantong biji, bola, dll (4.16)
|
5.
|
Sabtu
|
Terbiasa
berhenti bermain pada waktunya (5.1.33)
|
Melafadzkan
adzan dan iqamah (7.17
|
Rapi
dalam bertindak, dan bekerja (5.1.34)
|
Bercerita
menggunakan kata ganti aku, saya (3.16)
|
Mengelompokkan
benda yang sejenis (2.2.17)
|
Menciptakan
alat perkusi sederhana (5.1.46)
|
Melempar
dengan berbagai media, misal : bola, kertas, balon ke tempat yang telah
ditentukan (4.17)
|
6.
|
Ahad
|
Tanggung
jawab atas tugas yang diberikan (6.1.35)
|
Melafadzkan
beberapa bacaan dalam shalat (7.18)
|
Terbiasa
mengembalikan mainan ke tempatnya (6.1.36)
|
Bercerita
tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri (3.17)
|
Mengelompokkan
benda yang berpasangan dengan dua versi (2.3.18)
|
Melukis
dengan jari (5.1.47)
|
Memantulkan
bola besar (diam ditempat) (4.18)
|
Tema : Diri Sendiri
Sub Tema : Panca Indera (Minggu Keempat
/ M-IV)
Kelompok : A
NO
|
HARI
|
PEMBIASAAN
|
AGAMA ISLAM
|
SOSIAL EMOSIONAL
|
BAHASA
|
KOGNITIF
|
SENI
|
FISIK MOTORIK
|
1.
|
Senin
|
Dapat membedakan milik sendiri dan sekolah (6.1.37)
|
Menyebutkan arti zakat dan shadaqah dan mengamalkannya
(8.19)
|
Terbiasa mengambil makanan secukupnya dan makan sendiri
(7.1.38)
|
Mengucapkan syair dengan ekspresi (3.18)
|
Mengelompokkan benda yang berpasangan dengan dua versi
(2.3.18)
|
Menyanyi 15 lagu anak-anak (5.2.48)
|
Memantulkan bola besar sambil berjalan / bergerak
(4.19)
|
2.
|
Selasa
|
Berani karena benar dan mempunyai rasa ingin tahu yang
besar (7.1.39)
|
Menghafalkan beberapa hadis sederhana (5.13)
|
Mengendalikan emosi dengan cara yang wajar (8.1.44)
|
Menyanyi lagu anak (3.19)
|
Meniru pola dengan menggunakan berbagai bentuk (3.19)
|
Bermain dengan berbagai alat perkusi sederhana (5.2.49)
|
Berjalan maju pada garis lurus (5.20)
|
3.
|
Rabu
|
Terbiasa mengerjakan keperluannya sendiri (7.1.40)
|
Mempraktekkan cara berwudlu dan tayamum (7.15)
|
Berani tampil di depan umum (9.1.45)
|
Menyebutkan kembali kata-kata baru yang didengar (4.20)
|
Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk
2 pola yang berurutan misal : merah, putih, merah, putih, merah (3.20)
|
Menggerakkan kepala tangan atau kaki sesuai dengan
irama musik / ritmik (5.3.50)
|
Berjalan diatas papan titian, berjalan berjinjit (5.21)
|
4.
|
Kamis
|
Sabar menunggu giliran (8.1.41)
|
Menyebutkan arti shalat ied dan berlatih
mempraktekkannya (10.21)
|
Berani mempertahankan pendapat (9.1.46)
|
Menyebutkan kata-kata yang mempunyai suku kata awal
yang sama misal kaki-kali, atau suku kata akhir sama misal nama-sama (4.21)
|
Mengurutkan benda dari besar kecil atau sebaliknya (5 series)
(4.21)
|
Mengekspresikan diri secara bebas sesuai irama musik
(5.3.51)
|
Berjalan mundur dan kesamping pada garis lurus sejauh
1-2 meter (5.22)
|
5.
|
Sabtu
|
Dapat dibujuk (8.1.42)
|
Menghafalkan beberapa do’a sehari-hari (13.24)
|
Mau menerima tugas dengan ikhlas (5.1.31)
|
Menyebutkan nama benda yang diperlihatkan (4.22)
|
Mengurutkan benda dari panjang-pendek, atau sebaliknya
(5 series) (4.22)
|
Mengekspresikan diri dalam gerak bervariasi (5.3.52)
|
Melakukan gerakan menghindar dari hal-hal yang
berbahaya (5.23)
|
6.
|
Ahad
|
Tidak cengeng (8.1.43)
|
Melafalkan beberapa kalimah thayyibah (14.25)
|
Terbiasa berhenti bermain pada waktunya (5.1.33)
|
Membaca buku cerita bergambar yg memiliki kalimat
sederhana dan menceritakan isi buku dg menunjuk beberapa kata yang dikenal
(4.23)
|
Mengurutkan benda berdasarkan warna (5 series) (4.23)
|
Meniru lipatan kertas sederhana (1-6 lipatan)
|
Menendang bola dengan terarah (6.24)
|
Tema : Diri Sendiri
Sub Tema : Panca Indera (Minggu
Kelima / M-V)
Kelompok : A
NO
|
HARI
|
PEMBIASAAN
|
AGAMA ISLAM
|
SOSIAL EMOSIONAL
|
BAHASA
|
KOGNITIF
|
SENI
|
FISIK MOTORIK
|
1.
|
Senin
|
Terbiasa membaca do’a sebelum kegiatan (1.1.1)
|
Menyebutkan 6 aspek rukun iman (1.1)
|
Terbiasa membaca do’a sesudah kegiatan (1.1.2)
|
Berani mengungkapkan pendapatnya (5.24)
|
Mengenal kasar-halus berat-ringan panjang- pendek
jauh-dekat banyak – sedikit sama – tidak sama (4.25)
|
Meniru dan membuat garis tegak, datar, miring,
kiri/kanan(1.29)
|
Menirukan gerakan binatang peliharaan, binatang yang
dapat terbang (1.1.1)
|
2.
|
Selasa
|
Berlatih khusyu’ dalam berdo’a (1.1.3)
|
Menyebutkan 5 aspek rukun Islam (1.2)
|
Adab mendengar adzan dan iqamah (1.1.3)
|
Mengutarakan pendapat kepada orang lain (5.25)
|
Mengurut benda dari tebal-tipis atau sebaliknya (5
series) (4.24)
|
Membuat segi empat (1.30)
|
Menirukan gerakan pohon sepoi-sepoi, pohon tertiup
angin kencang (1.2)
|
3.
|
Rabu
|
Terbiasa menjawab adzan (1.1.5)
|
Menghafal dan mempraktekkan kalimah thayyibah (14.26)
|
Bersyukur atas kelebihan dan prestasi yang dicapai
(1.1.6)
|
Melakukan percakapan dengan teman sebaya atau orang
dewasa (5.26)
|
Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang
tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit (1.26)
|
Menjiplak bentuk geometri (2.31)
|
Menirukan gerakan pesawat terbang (mau terbang, gerakan
diudara dan gerakan mendarat (1.3.3)
|
4.
|
Kamis
|
Berbicara yang baik dan sopan dengan sesama teman
(2.1.7)
|
Menyebutkan Asmaul Husna (2.4)
|
Berbicara yang baik dan sopan dengan orang dewasa
(2.1.8)
|
Memberikan pendapat tentang suatu persoalan (5.27)
|
Membilang banyak benda 1-10 (2.27)
|
Menjiplak bentuk benda-benda sekitar (2.33)
|
Memanjat bergantung dan berayun (2.4)
|
5.
|
Sabtu
|
Mudah meminta maaf dan mau memaafkan (2.9)
|
Menyebutkan beberapa nama malaikat dan tugasnya (3.5)
|
Berpakaian yang rapi di rumah (2.2.10)
|
Melakukan diskusi secara sederhana (tentang pergi
rekreasi /tugaskelompok (5.28)
|
Membilang/menyebut urutan bilangan 1-10 (2.28)
|
Meniru melipat kertas sederhana 1-6 (3.34)
|
Bergelayut (2.5)
|
6.
|
Ahad
|
Berpakaian yang rapi disekolah (2.2.11)
|
Menyebutkan beberapa nama Nabi dan Rasul Allah (4.6)
|
Tidak mengganggu teman (2.3.13)
|
Berani menyatakan alasan atau ketidaksetujuan (6.29)
|
Membilang dengan menunjuk benda 1-10 (3.29)
|
Menjahit jelujur 10 lubang dengan tali (3.35)
|
Melompat dengan dua kaki atau satu kaki dengan seimbang
(3.1.6)
|
wahhh....ribet bacanya gan
BalasHapusjangan di baca di contoh gan
Hapus